Sejarah Perencanaan Kota di Amerika Serikat

Akar perencanaan kota di Amerika Serikat adalah dari Eropa Barat. Pembagian petak secara kartografik ke dalam ukuran-ukuran tertentu cenderung menggunakan papan catur, terutama pada masyarakat Amerika periode awal, kecuali untuk tapak-tapak yang menuntut pola lain. Hal ini disebabkan karena adanya invansi besar-besaran penduduk Eropa khususnya Inggris ke daratan Amerika pada periode Zaman Industrialisasi. Hal ini terbukti dari pola kota yang lebih mengarah mengarah pada pola Grid dengan konsep Kota Hijau. Selain itu, dalam awal mula perencanaan Amerika pun sudah mampu menghasilkan program yang sukses. Hal ini dikarenakan para imigran sudah belajar dari pengalaman industrialisasi yang menyebabkan turunnya kualitas lingkungan. 
urban planning USA


Perencanaan di Amerika Serikat Sejak Tahun 1945


Di masa pasca perang, Amerika memiliki sistem lembaga perencanaan dan ukuran perencanaan yang rumit. Lembaga perencanaan tersebut beroperasi pada dua tingkat yang berbeda: pertama, tingkat perencanaan pembangunan ekonomi nasional/regional; dan kedua, tingkat perencanaan pembangunan fisik regional/lokal. 

Masalah pembangunan ekonomi Amerika Serikat


Masalah pembangunan ekonomi yang dihadapi Amerika adalah kemiskinan relatif – dibandingkan standar kemiskinan dunia, orang miskin di Amerika lebih baik keadaannya – yang dirasakan karena masyarakat Amerika memiliki standarnya sendiri. Kemiskinan ini terjadi dalam dua skala: pertama, tingkat regional dan kedua, tingkat lokal. 

Alat pembangunan ekonomi Amerika Serikat


Sampai tahun 1960an, alat pembangunan ekonomi di Amerika dilakukan oleh pemerintah lokal, meski kebijakan dari pemerintah pusat. Untuk mengatasi masalah pembangunan ekonomi, pemerintah membentuk beberapa badan seperti Administrasi Pembangunan Wilayah (1961) dan Administrasi Pembangunan Ekonomi (1965) untuk mengatasi masalah pengangguran dan pendapatan. 

Urbanisme baru dan pertumbuhan cerdas Amerika Serikat


Pertumbuhan cerdas adalah mantra perencanaan Amerika tahun 1990an. Dimulai dengan cara sederhana pada awal 1970an, dengan program perencanaan dan manajemen pertumbuhan. Kalangan urban baru berpendapat bahwa untuk bentuk kota yang berkesinambungan, berbeda dengan kota taman atau kota baru: rancangan yang skala manusia dan dapat dijalankan, dengan berbagai penggunaan lahan dan ruang publik yang baik. 

Pertumbuhan cerdas juga menyarankan agar harus ada kontrol pertumbuhan negatif, terutama di batas pertumbuhan kota: garis yang membatasi metropolis yang didasarkan pada kapasitas lahan untuk memberi rumah bagi pertumbuhan penduduk. 

Perencanaan Fisik Tata Ruang Amerika Serikat

urban planning amerika serikat

Zoning meskipun di awal kemunculannya di Amerika Serikat sering mendapat kritik tajam dari beberapa pakar karena kuatir akan mengakibatkan rencana kota menjadi rigid, namun pada akhirnya hampir semua sepakat bahwa zoning merupakan instrumen yang sangat penting dalam pembangunan kota. Bahkan seorang pakar yang juga melakukan kritik tentang zoning mengatakan bahwa zoning for sale is a bad idea. Rigid atau fleksibelnya suatu rencana kota tidak tergantung dari ada atau tidaknya zoning tetapi lebih tergantung pada bagaimana cara menyusun atau membuat aturan-aturan pengendaliannya. Berikut ini merupakan berbagai pendapat ahli perencana mengenai sistem regulasi perencanaan di negara mereka. 

  • Ebenezer Howard 

Pemikir Anglo-Amerika yang paling berpengaruh adalah Ebenezer Howard (1850-1928). Bukunya Kota Taman Masa Depan adalah salah satu buku penting dalam sejarah perencanaan kota. Gagasan Howard dalam bukunya adalah menjauhkan industri dari kota, dan menggabungkan pekerjaan dan lingkungan dalam lingkungan yang sehat. Howard berpendapat bahwa tipe pemukiman baru – Kota Taman – dapat menggabungkan semua manfaat negara dengan cara lingkungan tanpa saling merugikan. 

  • · Raymond Unwin dan Barry Parker 

Dua arsitek pertama yang merancang kota taman adalah Raymond Unwin (1863-1940) dan asistennya, Barry Parker (1867-1947). Unwin dan Parker mengembangkan beberapa modifikasi penting terhadap gagasan Howard dalam pamflet yang berjudul Kepadatan Tidak Menguntungkan. Unwin berpendapat bahwa perumahan tidak boleh terlalu padat. Perlunya membuka ruang publik yang berkaitan dengan jumlah orang, sehingga memelihara lahan dari kepadatan kota. 

  • · Clarence Perry, Clarence Stein dan H. Alker Tripp 

Clarence Perry (1872-1944) mengembangkan gagasan unit lingkungan tetangga yang membantu orang mencapai rasa memiliki dengan masyarakat dan dengan tempat. Gagasan penting unit lingkungan tetangga yang dikembangkan Perry – seperti meletakkan pertokoan di sudut unit di persimpangan jalan raya – diterapkan perencana Inggris dalam pembangunan kota setelah Perang Dunia II. 

Clarence Stein (1882-1975) mengembangkan konsep lingkungan tetangga lebih jauh. Prinsipnya bahwa wilayah pemukiman lokal perlu memisahkan jalur pejalan kaki dengan jalur lalu lintas mobil. Gagasan Perry dan Stein dikombinasikan oleh H. Alker Tripp (1883-1954) dalam bukunya Perencanaan dan Lalu Lintas Kota. 

  • · Patrick Geddes dan Patrick Abercrombie 

Kontribusi Abercrombie pada teori dan praktek perencanaan Anglo-Amerika adalah memperluas perencanaan kota menjadi skala besar. Sumbangan Geddes (1854-1932) terhadap perencanaan adalah analisa terperinci dari pola pemukiman dan lingkungan ekonomi lokal. 

  • Frank Lloyd Wright 

Frank Lloyd Wright (1869-1959) mendasarkan pemikirannya pada premis sosial bahwa perlu untuk menjaga kehidupan pedesaan yang mandiri. Wright berpendapat tentang perlunya melakukan penyebaran pemukiman dan pekerjaan. 

Prinsip Perencanaan di Amerika Serikat

Kegiatan Perencanaan

Perencanaan kota di Amerika Serikat terlibat dalam 5 bidang utama kegiatan: 

1. Persiapan dan revisi dari perencanaan komprehensif dan zonasi 

2. Pengkajian dampak pembangunan terhadap lingkungan alam 

3. Rehabilitasi dan pelestarian 

4. Pemodelan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan sistem informasi perencanaan 

5. Pelaksanaan program 

  • Persiapan dan Revisi dari perencanaan Komprehensif dan Zonasi 

Kegiatan pertama dalam perencanaan di Amerika tidak jauh berbeda dengan perencanaan di Indonesia karena memang Negara Indonesia mengedopsi hampir seluruh sistem perencanaan di Amerika dari tahun ke tahun dengan sedikit modifikasi ilmu yang disesuaikan dengan kondisi yang ada di Indonesia baik dari segi kultur maupun sosial ekonomi dan politik Indonesia. Tahap pertama perencanaan adalah persiapan yang meliputi segala bentuk survey dan pengambilan data untuk dijadikan bahan analisis ataupun merevisi perencanaan yang telah berjalan secara komprehensif dan biasanya berbasis zonasi. 

  • Pengkajian dampak pembangunan terhadap lingkungan alam 

Kegiatan berikutnya adalah pengkajian dampak pembangunan terhadap lingkungan dalam artian setiap bentuk kebijakan pembangunan yang sifatnya baik fisik maupun non fisik akan ditinjau dampaknya secara lingkungan 

  • Rehabilitasi dan pelestarian 

Setelah pembangunan berlangsung maka yang dilaksanakan adalah program rehabilitasi terhadap bangunan fisik yang telah dibangun yang masih layak untuk digunakan dan program pelestarian agar pembangunan fisik masih bisa mencapai target batas waktu yang telah ditentukan. 

  • Pemodelan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan sistem informasi perencanaan 

Salah satu hal yang merupakan suatu inovasi dari perencanaan di Amerika Serikat adalah pemodelan secara kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan sistem informasi perencanaan berbasis teknologi dimana masyarakat dapat memantau langsung melalui dunia maya dari bentuk bentuk proyeksi perencanaan pemerintah, perencanaan pembangunan, perencanaan pembangunan fisik, model bangunan atau kawasan hingga jajak pendapat via dunia maya. Tetapi pemerintah tetap tidak meninggalkan cara konservatif dengan mengadakan sosialisasi langsung dan bertatap muka langsung dengan masyarakat yang akan dikenai kebijakan. 

  • Pelaksanaan program 

Pelaksanaan program adalah bentuk aksi dari segala pelaku yang terkait.

0 Response to "Sejarah Perencanaan Kota di Amerika Serikat "

Post a Comment

Berikan komentar disini...