Pengertian Pembangunan Ekonomi Secara LENGKAP

pengertian pembangunan ekonomi

Pembangunan ekonomi sudah banyak digembor-gemborkan oleh para pemangku kekuasaan dan elit politik kita. Namun mungkin masih banyak orang yang belum memahami pengertian pembangunan ekonomi secara menyeluruh. Padahal penting bagi warga negara untuk memahami arti pentingnya pembangunan ekonomi agar mampu berperan aktif dalam proses pembangunan ekonomi. Oleh karena itu berikut adalah pengertian pembangunan ekonomi secara lengkap untuk membantu kita memahami pengertian pembangunan ekonomi.

Pembangunan Ekonomi merupakan Proses Pertumbuhan Ekonomi


Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses pertumbuhan ekonomi atau proses peningkatan pendapatan per kapita yang disertai dengan proses transformasi dari suatu perekonomian yang dominan sektor industri, terutama industri manufaktur dan sektor jasa. Berdasarkan pengertian pembangunan ekonomi tersebut maka pembangunan ekonomi menjadi proses yang multi dimensional dengan tujuan peningkatan pendapatan per kapita dalam jangka panjang, pengelolaan sumber – sumber yang ada seperti sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dapat mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

Banyak orang yang masih belum dapat membedakan pengertian pertumbuhan ekonomi dan pengertian pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi memiliki pengertian yang berbeda dimana pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan output per kapita yang terus menerus dalam jangka panjang, dimana pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan. 

Pembangunan ekonomi yang baik tercermin dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM)


Salah satu tolok ukur keberhasilan pembangunan ekonomi adalah dimana pendapatan per kapita penduduk suatu negara secara riil cenderung naik secara terus menerus dalam jangka panjang, dengan syarat utama jumlah penduduk yang berada dalam garis kemiskinan absolut tidak bertambah dan distribusi pendapatan tidak menjadi timpang. Namun pengertian pembangunan ekonomi tidak boleh hanya dilihat dari peningkatan pendapatan per kapita melainkan kualitas pembangunan ekonomi yang baik seyogyanya tercermin melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tinggi.

Pembangunan Ekonomi adalah Perpaduan Antara Pertumbuhan dan Teknologi


Pembangunan ekonomi juga merupakan suatu proses perpaduan antara pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi. Pembangunan ekonomi daerah adalah suatu proses yang mencakup pembentukan institusi – institusi baru, pembangunan industri – industri alternatif, perbaikan kapasitas kerja yang ada untuk menghasilkan produk dan jasa yang lebih baik, identifikasi pasar – pasar baru, alih ilmu pengetahuan dan pengembangan perusahaan – perusahaan baru, dimana kesemuanya ini merupakan tujuan utama yaitu untuk meningkatkan jumlah dan jenis peluang kerja untuk masyarakat di daerah.

Pembangunan Ekonomi adalah Strategi Pembangunan


Pembangunan ekonomi dapat juga disebut sebagai pembangunan negara ditinjau dari sudut ruang atau wilayahnya dan dalam konteks ini istilah yang paling tepat digunakan adalah pembangunan wilayah. Oleh karena itu pembangunan ekonomi berisi strategi pembangunan daerah yang dimaksudkan sebagai suatu langkah untuk melengkapi strategi makro dan sektoral dari pembangunan nasional. Pengertian pembangunan dalam hal ini banyak digunakan para pembuat kebijakan sebagai usahanya membangun stabilitas pereko nomian negara.

Baca juga : Infrastruktur dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia

Demikian pengertian pembangunan ekonomi secara lengkap, semoga dapat memberikan pencerahan untuk memahami apa itu pembangunan ekonomi.

0 Response to "Pengertian Pembangunan Ekonomi Secara LENGKAP"

Post a Comment

Berikan komentar disini...