Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Sebelum kita membahas tujuan pembangunan berkelanjutan maka harus dipahami terlebih dahulu pengertian pembangunan berkelanjutan adalah suatu konsep pembangunan yang dapat berlangsung secara terus menerus dan konsisten dengan menjaga kualitas hidup dengan tidak merusak lingkungan dan mempertimbangkan cadangan sumber daya yang ada untuk kebutuhan masa depan.



Penerapan pembangunan berkelanjutan dalam perencanaan wilayah dan kota dilakukan menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan seperti pemerataan pembangunan, penghematan energi, pelestarian ekologi atau lingkungan, pembangunan ekonomi yang menitikberatkan pada peningkatan performa, dan menyerap peran serta masyarakat dalam proses pembangunan secara maksimal.



Konsep pembangunan berkelanjutan saat ini semakin berhasil mempengaruhi perencanaan dan kebijakan publik di tingkat lokal, regional, negara, dan tingkat federal. Pembangunan berkelanjutan digunakan sebagai prinsip pengorganisasian visi dan rencana komprehensif di berbagai tingkat pemerintahan.



Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

tujuan pembangunan berkelanjutan
 Image dari www.seasn.usm.my


Banyak agenda-agenda kegiatan yang dilakukan berbagai negara di dunia untuk terus menuju negara yang menerapkan pembangunan berkelanjutan. Masing-masing negara memiliki tujuan melakukan pembangunan berkelanjutan di wilayahnya sesuai dengan isu dan masalah yang terjadi di negara tersebut. Namun, secara garis besar tujuan pembangunan berkelanjutan sebagian besar negara di dunia adalah :

  • Mengentaskan kemiskinan dalam semua bentuk dan semua daerah

Tujuannya adalah semua pria dan wanita, khususnya masyarakat miskin dan rentan, memiliki hak yang sama terhadap sumber daya ekonomi, serta akses layanan dasar, kepemilikan dan kontrol atas tanah dan bentuk-bentuk lain dari properti, warisan, sumber daya alam, teknologi dan jasa keuangan, termasuk keuangan mikro.

  • Mengentaskan kelaparan, meningkatkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat

Tujuannya adalah membentuk sistem produksi pangan yang berkelanjutan dan menerapkan praktek-praktek pertanian yang tangguh guna meningkatkan produktivitas dan menerapkan produksi yang menjaga ekosistem, memperkuat kapasitas adaptasi terhadap perubahan iklim, cuaca ekstrim, kekeringan, banjir dan bencana lainnya serta semakin meningkatkan kualitas tanah.

  • Mewujudkan kehidupan yang sehat dan meratakan tingkat kesejahteraan

Tujuannya adalah menjamin akses universal terhadap layanan kesehatan seksual dan reproduksi, termasuk keluarga berencana, informasi dan pendidikan, dan integrasi kesehatan reproduksi ke dalam strategi dan program nasional termasuk perlindungan keuangan risiko, akses ke layanan kesehatan yang berkualitas penting dan akses ke aman, efektif, berkualitas dan terjangkau obat esensial dan vaksin untuk semua.

  • Menjamin kualitas pendidikan yang merata bagi semua golongan masyarakat

Tujuannya adalah memastikan bahwa semua masyarakat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan, antara lain melalui pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan dan gaya hidup yang berkelanjutan, hak asasi manusia, kesetaraan gender, promosi budaya damai dan non-kekerasan, kewarganegaraan dan penghargaan keanekaragaman budaya dan kontribusi budaya untuk pembangunan berkelanjutan.

  • Meningkatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan kaum wanita

Tujuannya adalah melakukan reformasi untuk memberikan wanita hak yang sama terhadap sumber daya ekonomi, serta akses ke kepemilikan dan kontrol atas tanah dan bentuk-bentuk lain dari properti, jasa keuangan, warisan dan sumber daya alam, sesuai dengan hukum nasional.

  • Menjamin pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan untuk semua masyarakat

Tujuannya adalah meningkatkan efisiensi penggunaan air di semua sektor dan memastikan penarikan berkelanjutan dan pasokan air tawar untuk mengatasi kelangkaan air dan secara substansial mengurangi jumlah orang yang menderita kelangkaan air.

  • Menjamin keadilan dalam akses energi yang terjangkau, handal dan berkelanjutan

Tujuannya adalah memperluas infrastruktur dan upgrade teknologi untuk penyediaan layanan energi modern dan berkelanjutan untuk semua.

  • Meningkatkan kesempatan kerja dan produktif serta layak menuju keberlanjutan pertumbuhan ekonomi

Tujuannya adalah mempromosikan kebijakan pembangunan yang berorientasi yang mendukung kegiatan produktif, penciptaan lapangan kerja yang layak, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi, dan mendorong formalisasi dan pertumbuhan mikro, usaha kecil dan menengah, termasuk melalui akses ke layanan keuangan.

  • Membangun infrastruktur dan sektor industri

Tujuannya adalah mengembangkan kualitas, infrastruktur yang handal, berkelanjutan dan tangguh, termasuk infrastruktur regional dan lintas batas, untuk mendukung pembangunan ekonomi dan kesejahteraan manusia, dengan fokus pada akses terjangkau dan merata bagi semua.

  • Mengurangi ketimpangan antara daerah

Tujuannya adalah mencapai dan mempertahankan pertumbuhan pendapatan wilayah yang berada dibawah rata-rata nasional.

  • Membangun kota dan permukiman yang inklusif, aman, dan berkelanjutan

Tujuannya adalah meningkatkan jumlah kota dan pemukiman manusia mengadopsi dan menerapkan kebijakan dan rencana inklusi, efisiensi sumber daya, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ketahanan terhadap bencana, manajemen risiko bencana holistik di semua tingkatan.

  • Mendorong pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan

Tujuannya adalah mencapai pengelolaan yang berkelanjutan dan efisiensi penggunaan sumber daya alam.

  • Melestarikan sumberdaya alam 

Tujuannya adalah meningkatkan konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan dari lautan dan sumber daya dengan menyediakan kerangka hukum untuk penggunaan konservasi dan berkelanjutan lautan dan sumber daya alam lainnya.

  • Berperan aktif dalam menanggulangi dampak perubahan iklim

Tujuannya adalah meningkatkan pendidikan, peningkatan kesadaran dan manusia dan kapasitas kelembagaan pada mitigasi perubahan iklim, adaptasi, pengurangan dampak dan peringatan dini bencana.

  • Mengurangi kegiatan-kegiatan yang dapat menyebabkan degradasi kualitas hutan dan lingkungan

Tujuannya adalah mengintegrasikan nilai-nilai ekosistem dan keanekaragaman hayati ke dalam perencanaan nasional dan lokal, proses pembangunan dengan penerapan manajemen berkelanjutan dari semua jenis hutan, menghentikan deforestasi, memulihkan hutan yang rusak dan secara meningkatkan penghijauan dan reboisasi secara global

  • Membangun masyarakat inklusif yang berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan

Tujuannya adalah mempromosikan dan menegakkan hukum non-diskriminatif dan kebijakan untuk pembangunan berkelanjutan.

  • Memperkuat revitalisasi dan kemitraan global dalam pembangunan berkelanjutan

Tujuannya adalah meningkatkan kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan, dilengkapi dengan kemitraan multi-stakeholder yang memobilisasi dan berbagi pengetahuan, keahlian, teknologi dan sumber daya keuangan untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di semua wilayah.

0 Response to "Tujuan Pembangunan Berkelanjutan"

Post a Comment

Berikan komentar disini...