Tempat Wisata di Bangkok : Contoh Pengembangan Pariwisata Terpadu

Thailand yang terkenal dengan sebutan negara seribu pagoda dengan memiliki situs-situs budaya yang menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata terpopuler  di dunia khususnya tempat - tempat wisata di Bangkok. Kini Thailand tumbuh pesat dalam berbagai bidang terutama perekonomian dan pariwisata.
Secara umum ada cukup banyak pilihan tempat-tempat yang menjadi tempat wisata di Bangkok. Tempat wisata di Bangkok tersebut menawarkan beragam pilhan aktivitas wisata, diantaranya wisata sejarah, wisata budaya, wisata atraksi, wisata belanja, dan sebagainya. Namun daerah yang paling popular dan sering dikunjungi oleh para wisatawan di Bangkok adalah kawasan wisata yang ada di sepanjang aliran sungai Chao Phraya terutama yang melewati kota Bangkok. Kawasan tersebut hingga kini telah menjadi pusat wisata di Thailand dan kota Bangkok.



Tempat Wisata di Bangkok


Sungai Chao Phraya

Di daerah sepanjang sungai Chao Phraya banyak warisan budaya yang bisa dikunjungi, diantaranya wat pho, wat arun (temple of dawn), wat pra kaew (temple of emerald buddha), grand palace, dan national museum.

Di sepanjang pinggiran sungai Chao Phraya tersebut juga terdapat beberapa hotel bintang lima dan apartemen mewah yang berderet memanjang dan menjadi pemandangan unik tersendiri sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Thailand.
  • Grand Palace merupakan simbol negara Thailand
  • Grand Palace memusatkan aktivitasnya di area dalam tembok benteng sepanjang 1900m seperti pada Kraton Yogyakarta dan Surakarta 
  • Grand Palace didirikan tahun 1782, pada Periode Rattanakosin (atau Periode Bangkok) oleh King Taksin
  • Kompleks ini berada diatas 218.000 m2 lahan Pulau Rattanakosin yang dikelilingi kanal-kanal, dan dibangun dengan mengikuti lay out tradisional kompleks istana di Ayutthaya, salah satunya terlihat pada arah hadap Grand Palace keutara dengan sungai Chao Phraya mengalir di sisi kirinya. 


Wat Arun Thailand

Disebut juga Temple of The Dawn, merupakan salah satu lambang kota Bangkok yang berada di tepi barat sungai Chao Phraya. Tempat wisata di Bangkok ini sangat indah terutama saat memantulkan cahaya fajar dan senja karena dilapisi porselen. Wat Arun mulai buka pukul 08.00 hingga 17.30 setiap hari. Wisata ini berlokasi di Arun Amarin Road, tepi barat sungai Chao Phraya dan dapat pula dicapai dengan feri bolak-balik dari pier ThaTien N8, didekat Wat Pho.

tempat wisata di bangkok


Kompleks Perdagangan Chao Phraya

Setelah di tetapkan sebagai kawasan wisata, sungai Chai Phraya juga berkembang menjadi tempat wisata belanja di Bangkok karena bermunculan toko-toko di bantaran sungai seperti:
  • River City Shopping Complex
River City Shopping Complex merupakan pusat kerajinan dan barang antik terbesar di Asia Tenggara. Letak tempat ini bersebelahan dengan hotel Royal Orchid Sheraton. Tempat ini menjual berbagai barang-barang kerajinan seperti guci, patung, kerajinan khas Thailand dll. Pusat belanja ini menjadi salah satu tempat wisata di Bangkok yang menjadi tujuan utama banyak wisatawan mancanegara.

Selain barang – barang kerajinan khas Thailand, River City Shopping Complex juga terdapat "Sala Thai" yaitu tempat refleksi pijat tradisional Thailand, River City Haircut dan 4 restoran mewah. Yang menarik dari River City Shopping Complex, para pengunjung dapat melihat pemandangan sekitar River City seperti China Town, The Royal Barge Museum, Temple of Dawn (Wat Arun) dan Temple of Emerald Buddha (Wat Pra Kaew).

  • The Asian Heritage Shopping Centre 
Asian Heritage Shopping Centre atau terkenal dengan OP Place ini letaknya juga tidak jauh dengan hotel Royal Orchid Sheraton letaknya hanya dibelakang hotel Orchid.

tempat wisata di bangkok


Koleksi yang dapat ditemukan di OP Place adalah handicrafts, antiques, jewellery, carpets, textiles, paintings, dan sutera Thailand. Pemerintah kota Bangkok berhasil mengembangkan paket wisata pesiar disungai Chao Phraya dan kanal-kanalnya dengan cruise dinner maupun kegiatan pasar terapung (floating market) di kawasan Damnern Saduak sehingga tempat wisata di Bangkok ini sekarang menjadi pusat daya tarik wisata Thailand bahkan dunia.

Demikian salah satu bentuk pengembangan pariwisata yang terpadu dari Thailand khususnya kota Bangkok. Saat ini tempat wisata di Bangkok menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai belahan dunia dan menjadi tempat wisata yang menjadi andalan Thailand.

(Baca juga : Pengembangan Pariwisata Dalam Konteks Pembangunan Wilayah)

0 Response to "Tempat Wisata di Bangkok : Contoh Pengembangan Pariwisata Terpadu"

Post a Comment

Berikan komentar disini...