6 Pengertian Pembangunan Berkelanjutan Menurut Para Ahli

Saat ini seringkali kita mendengar kata 'pembangunan berkelanjutan' disuarakan dalam forum-forum pembangunan dan seminar isu-isu perkotaan di beberapa negara. Bahkan konsep pembangunan berkelanjutan sudah dituangkan dalam Kepres No,13 tahun 1989 tentang rencana pembangunan lima tahun (repelita) dan TAP MPR No.II/MPR/1993 tentang Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Namun beberapa orang mungkin belum mengetahui apa pengertian pembangunan berkelanjutan.

Oleh karena itu berikut penjabaran pengertian pembangunan berkelanjutan menurut para ahli sebagai materi dalam memahami lebih lanjut tentang pembangunan berkelanjutan. Defenisi pembangunan berkelanjutan oleh beberapa ahli diuraikan secara berbeda-beda. Namun, pembangunan berkelanjutan sebenarnya didasarkan kepada fakta bahwa kebutuhan manusia terus meningkat sehingga membutuhkan strategi pemanfaatan sumberdaya alam yang efisien dengan tujuan untuk memberikan kesejahteraan bagi generasi yang akan datang.


Pembangunan Berkelanjutan

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan Menurut Para Ahli


Beberapa pengertian pembangunan berkelanjutan menurut para ahli adalah sebagai berikut :

  1. Pengertian pembangunan berkelanjutan dalam Stockholm United Nation Conference on Human Enviromental pada tahun 1972 atau dikenal sebagai Deklarasi Stockholm adalah sebagai berikut : segala sumber daya alam di bumi, termasuk udara, air, tanah, flora dan fauna terutama contoh yang mewakili bagian ekosistem alam, harus dijaga supaya aman untuk kepentingan generasi sekarang dan masa depan melalui perencanaan atau manajemen yang sesuai dan hati-hati.
  2. Menurut Brutland Report dalam sidang PBB tahun 1987, pembangunan berkelanjutan atau dalam bahasa Inggris sering disebut sustainable development merupakan proses pembangunan yang berprinsip untuk memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan kebutuhan generasi yang akan datang.
  3. Dalam World Commission On Enviromental Development (WCED) pada tahun 1987 dirumuskan bahwa pengertian pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang berusaha memenuhi kebutuhan hari ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya.
  4. Menurut Budiharjo dan Sudjarto pengertian pembangunan berkelanjutan adalah : kota yang dalam perkembangannya mampu memenuhi kebutuhan masyarakatnya masa kini, mampu berkompetisi dalam ekonomi global dengan mempertahankan keserasian lingkungan vitalitas sosial, budaya, politik, dan pertahanan keamanannya tanpa mengabaikan atau mengurangi kemampuan generasi mendatang dalam pemenuhan kebutuhan mereka.
  5. Dalam Konferensi Tingkat Tinggi mengenai Pembangunan Berkelanjutan di tahun 2002 disebutkan bahwa pembangunan berkelanjutan adalah kondisi dimana masyarakat dapat menentukan dirinya sendiri yang disiapkan dalam perdagangan bebas multilateral dengan syarat terciptanya tata pemerintahan yang baik (good goverment).
  6. Menurut Sudharta P. Hadi dalam bukunya yang berjudul "Opcit" tahun 2007 menyebutkan pengertian pembangunan berkelanjutan adalah konsep pembangunan yang menyelaraskan kepentingan pembangunan dengan pengelolaan lingkungan.

Oleh karena itu, pembangunan berkelanjutan berarti merupakan pembangunan yang dapat berlangsung secara terus menerus dan konsisten dengan menjaga kualitas hidup (well being) masyarakat dengan tidak merusak lingkungan dan mempertimbangkan cadangan sumber daya yang ada untuk kebutuhan masa depan. Dengan demikian, dalam upaya untuk menerapkan pembangunan berkelanjutan diperlukan adanya paradigma baru dalam perencanaan pembangunan kota dan wilayah yang berorientasi market driven (ekonomi), dimensi sosial, lingkungan dan budaya sebagai prinsip keadilan saat ini dan masa depan.

Itulah pengertian pembangunan berkelanjutan. Silahkan kunjungi juga artikel berikut tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

1 Response to "6 Pengertian Pembangunan Berkelanjutan Menurut Para Ahli"

  1. Bagus bisa dipahami, cuma menerapkanya bagaimana sebagai langkah awal realisasinya

    ReplyDelete

Berikan komentar disini...