Infrastruktur Kota Solo (Surakarta) Dalam Tinjauan Humanisme

Kota Surakarta merupakan salah satu kota yang berkembang pesat di Indonesia yang tergolong dalam secondary city atau kota kelas menengah, bahkan kota ini diprediksi akan menjadi kota metropolitan. Kota ini menjadi sorotan dunia perencanaan kota akhir-akhir ini seiring pergerakannya untuk menunjukkan diri sebagai kota metropolis yang humanis melalui pembangunan infrastruktur yang manusiawi. Perkembangan Kota Surakarta sampai saat ini dapat dikatakan cukup tinggi. Pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun terus meningkat, sejak tragedi 1998 yang memporak-porandakan perekonomian kota Surakarta, ekonomi kota Surakarta bukan hanya pulih namun semakin melesat. Bahkan kota Surakarta kini menjadi barometer pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah, selain Kota Semarang. Dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat tersebut membawa konsekuensi logis terhadap pemenuhan infrastruktur kota Surakarta.

Infrastruktur adalah struktur fisik dan fasilitas yang dikembangkan oleh lembaga-lembaga publik atau pemerintah untuk menyediakan air, listrik, pembuangan limbah, transportasi, dan layanan serupa bagi masyarakat untuk memfasilitasi pencapaian tujuan sosial dan ekonomi. Termasuk dalam pengertian infrastruktur adalah fasilitas transportasi, bangunan institusional dan komersial, iriasi, drainase dan pengendali banjir, fasilitas air bersih dan air kotor, fasilitas penanganan limbah padat, pembangkit energy dan distribusinya, fasilitas telekomunikasi, fasilitas olahraga dan rekreasi serta infrastruktur kawasan permukiman.

Pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum yang telah dan sedang dilaksanakan di Kota Surakarta, ditujukan untuk mewadahi aktivitas warga kota. Semuanya cukup akomodatif terhadap kebutuhan, dengan tidak meninggalkan aspek atmosfer budaya, pola pikir dan perilaku warga kota. Serta akomodatif terhadap berbagai masukan positif dan membangun. Terkait dengan kepemimpinan baru kota Surakarta, pemenuhan infrastruktur terus dilakukan lebih intensif. Harus diakui bahwa faktor leadership walikota Surakarta dan jajarannya sangat berpengaruh pada pembangunan infrastruktur kota Surakarta. Pemerintah Kota Surakarta memiliki tujuan pembangunan infrastruktur yang pro-rakyat dalam rangka mewujudkan kota yang humanis, mulai dari transportasi, utilitas, fasilitas umum, sarana rekreasi dan tempat-tempat publik.

Infrastruktur jalan di Kota Surakarta sudah cukup bagus menurut hierarkinya. Jalan arteri dan kolektor sebagian besar sudah aspal dan memiliki rambu, marka, fasilitas penyeberangan, trotoar, shelter dan jalur hijau dengan kondisi yan cukup layak. Namun sering ditemui parkir liar di badan jalan yang terutama di area komersial yang sebenarnya tidak diperuntukkan untuk parkir on street. Bahkan yang menjadi gebrakan di Kota Surakarta, pembangunan jalur pejalan kaki disepanjang selatan jalan Slamet Riyadi yang tadinya sebagai jalur lambat. Keadaan ini menjadikan suasana di pusat kota terasa humanis khususnya bagi pejalan kaki.
Pembangunan Infrastruktur
Pedestrian Kota Solo

Surakarta mengembangkan moda transportasi modern yang lengkap. Transportasi massal intensif dikembangkan, salah satunya adalah bus tingkat dan batik trans Surakarta yang lengkap dengan shelter dan managemen jalur yang baik serta infrastruktur jalur yang baik lengkap dengan infrastruktur pendukungnya. Mulai pertengahan tahun 2011 ini Kota Surakarta menambah moda transportasi baru, yaitu kereta railbus yang akan beroperasi melayani rute Surakarta hingga Wonogiri. Kereta api cepat di Surakarta juga telah terintegrasi dengan Yogyakarta dan kota lain disekitarnya, jalur kereta api sudah dua jalur dan lengkap dengan infrastruktur pendukungnya seperti stasiun dan palang pintu rel yang mewadai. Kendaraan massal jenis lain juga telah ada di Kota Surakarta yaitu kereta wisata dengan rute Surakarta – Wonogiri. Dengan pengembangan infrastruktur dan managemen transportasi massal tersebut dapat mengantisipasi ancaman kemacetan di Kota Surakarta.

Untuk kondisi jalan yang diaspal mengalami pertumbuhan. Dipihak lain panjang jalan berbatu dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Hal ini menandakan adanya peningkatan kualitas jalan dari jalan berbatu menjadi kualitas jalan aspal. Sistem jalan yang dikembangkan oleh Pemkot Surakarta ini menjadi pedoman pola jaringan drainase yang dikembangkan untuk mencegah genangan air dan banjir di Surakarta bagian selatan yang mempunyai tingkat kelerengan yang relatif landai.
pembangunan infrastruktur solo
Peta Jringan Transportasi Kota Surakarta


Kota Surakarta juga dilalui oleh banyak sungai dan yang terkenal besar yaitu sungai Bengawan Surakarta sehingga pembangunan dan pengelolaan drainase digiatkan untuk mengantisipasi banjir terutama di daerah aliran Sungai Bengawan Surakarta. Saluran drainase di Kota Surakarta banyak yang bagian atasnya ditutup bangunan, sehingga aliran air terhambat dan berpotensi menimbulkan genangan atau banjir. Pembangunan di bantaran sungai meliputi, pembuatan tanggul permanen, pintu air, serta pengerukan sedimentasi.

Begitu juga dengan utilitas di Kota Surakarta juga sudah cukup baik. Jaringan listrik, air bersih dan telekomunikasi sudah menjangkau sebagian besar wilayah Kota. Sistem persampahan pun sudah terintegrasi antara TPS dan TPA. Tempat sampah yang diletakkan di area-area publik sudah dibedakan berdasarkan bahan (organik dan anorganik) agar mudah didaur ulang. Namun masalah sampah di Kota Surakarta ini banyak terkendala oleh perilaku pembuang sampah yang seenaknya. Walaupun pemerintah telah menyediakan tempat sampah, beberapa tempat publik masih dirasa kotor.

Sistem Fasilitas Umum Kota Surakarta
Sistem Fasilitas Umum Kota Surakarta


Sistem Air Kota Surakarta
Sistem Air Kota Surakarta

Perkembangan lainnya adalah dengan dilakukannya pembangunan fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan yang terdiri dari sekolah dasar, sekolah menengah, dan universitas, fasilitas ibadah, kesenian dan budaya, dan taman-taman kota.
Pembangunan infrastruktur taman kota yang semakin mempercantik Kota Surakarta ini. Berbagai taman kota yang sudah ada yaitu Taman Balekambang, Taman Banjarsaari, Taman Sekartaji, Taman Air Tirtonadi, dll.

Berdasarkan pengamatan sesuai fokus masing-masing di Taman Balaikambang, infrastruktur di dalamnya sudah cukup lengkap, khususnya fasilitas-fasilitas umum sudah mencukupi. Terdapat tempat ibadah, toilet dan tempat parkir sepeda motor yang terawat. Hanya saja untuk parkir mobil tidak disediakan sehingga menggunakan badan jalan untuk parkir sehingga tidak humanis untuk pejalan kaki. Selain itu terdapat sarana rekreasi yaitu flying fox. Namun fasilitas ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh pengunjung karena kondisinya yang tidak terawatt dan tidak ada penjaga. Infrastruktur yang tidak efektif digunakan adalah panggung luas yang biasa digunakan untuk pertunjukan. Panggung ini jarang digunakan karena infrastruktur penunjang yang minim dan lokasi yang tidak memungkinkan untuk manusia dalam jumlah besar berkumpul karena dapat merusak tanaman dan mengganggu hewan seperti rusa dan burung-burung.

Keberadaan infrastruktur yang sangat kurang dirasakan di Riverfront Kalianyar. Minim tempat sampah dan tidak ada MCK sehingga kondisi taman menjadi kotor dan bau. Fasilitas penerangan pun dirasakan minim karena banyak lampu yang rusak. Keberadaan riverfront ini sebenarnya sangat humanis karena dapat menciptakan rasa nyaman di tengah kota dan area untuk bersosialisasi warga, namun dengan managemen yang terbengkalai sarana rekreasi ini menjadi kurang humanis.

Riverfront Kalianyar
Riverfront Kalianyar

Kondisi sebaliknya di depan riverfront Kalianyar yaitu Terminal Bus Tirtonadi. Infrastruktur penunjang di sarana transportasi tersebut sangat baik walaupun masih bisa ditingkatkan. Para pengguna terminal mudah menemukan fasilitas umum seperti mushola, toilet, pos penjaga, telepon umum dan spot-spot bis tujuan karena banyaknya penanda yang mudah diliat. Keadaan fasilitas – fasilitas umum tersebut juga cukup terawat sehingga para pengguna tidak enggan untuk menggunakannya.

terminal bus tirtonadi

0 Response to "Infrastruktur Kota Solo (Surakarta) Dalam Tinjauan Humanisme"

Post a Comment

Berikan komentar disini...